Jumat, 11 November 2011

ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011


Mata Pelajaran      : IPS
Hari/ Tanggal        : Kamis/ 9 Desember  2010
Kelas/Semester      : X/1
Waktu                   : 09.15 – 10.45 (90 menit)


I.                   Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e di depan jawaban pada lembar jawaban yang tersedia!

  1.  Hubungan timbal-balik antara individu dengan individu, atau kelompok dengan kelompok dalam masyarakat disebut….

a.
nilai sosial

d.
penyimpangan sosial
b.
sosialisasi        

e.
interksi sosial
c.
norma sosial




      2.      Berikut ini yang bukan ciri-ciri interaksi social ….

a.
jumlah pelakunya lebih dari satu orang
b.
adanya hubungan timbal balik
c.
dilaksanakan melalui pola sistem sosial tertentu
d.
adanya tujuan dari masing-masing pelaku
e.
tidak adanya dimensi waktu (lampau,sekarang dan akan datang) yang menentukan

  1. Fakto-faktor pendorong interaksi sosial, kecuali....
a.
imitasi

d.
identifikasi
b.
simpati

e.
akomodasi
c.
Empati




  1. Isi komunikasi (berita) yang disampaikan disebut…
a.
communicare

d.
media
b.
communicant

e.
message
c.
feedback




  1. Orang yang menyampaikan komunikasi disebut….
a.
komunikan

d.
konmunikator
b.
message

e.
komunikator
c.
media




  1. Proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntunan atau perilaku masyarakatnya disebut….
a.
asimilasi

d.
enkulturasi
b.
akulturasi

e.
sosialisasi
c.
internalisasi




  1. Unit sosial terkecil yang ada dalam masyarakat adalah
a.
sekolah

d.
lingkungan kerja
b.
kelompok bermain

e.
keluarga
c.
organisasi




  1. Sosialisasi yang merupakan tahap lanjut setelah sosialisasi pertama disebut dengan sosialisasi….
a.
umum

d.
sekunder
b.
massa

e.
pimer
c.
tersier




  1. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Perbedaan pendapat
2. Sikap menghargai orang asing dan kebudayaan
3.persamaan sistem nilai dan norma
4. Benturan kepentingan yang sama
5. Adanya persamaan pendapat
6. Perbedaan kepentingan politik
Sebab-sebab munculnya konflik adalah…
a.
1, 2 dan 3

d.
4,6 dan 1
b.
2, 4 dan 5

e.
5,4 dan 6
c.
3, 5 dan 6  




  1. Pengaruh yang bersifat negatif diberikan seseorang kepada orang lain sehingga orang tersebut melaksanakannya tanpa berpikir secara kritis dan rasional disebut….
a.
motivasi

d.
sugesti
b.
simpati

e.
imitasi
c.
empati




  1. Pihak komunikator menyampaikan pesannya kepada pihak komunikan melalui perantara pihak ketiga disebut kontak…
a.
tersier

d.
tidak langsung
b.
social

e.
langsung
c.
primer




  1. Komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu comminicare yang berarti….
a.
bertatap muka

d.
berhubungan
b.
pesan

e.
berhadapan
c.
interaksi




  1. Suatu tindakan seseorang meniru segala sesuatu yang ada pada orang lain disebut…
a.
empati

d.
imitasi
b.
identifikasi

e.
simpati
c.
sugesti




  1. Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Konflik sosial
  2. Kerja sama
  3. Kontravensi
4. Asimilasi
5. Akomodasi
6. Competition
Yang termasuk bentuk interaksi asosiatif adalah kecuali…            
a.
1, 2, dan 4

d.
3, 1, dan 6
b.
1, 5, dan 6

e.
3, 4, dan 5
c.
2, 3, dan 5




  1. Proses sosial yang timbul akibat suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri disebut…
a.
competition

d.
accommodation
b.
assimilasi

e.
cooperation
c.
acculturation




16.  Latar belakang datangnya pedagang-pedagang Belanda ke Nusantara adalah...
a.
adanya persaingan dagang dengan negara-negara eropa lainnya
b.
menyebarkan ilmu pengetahuan
c.
mencari rempah-rempah
d.
keinginan untuk menyebarkan agama nasrani
e.
terdorong oleh rasa untuk menguasai

17.  Dalam waktu singkat VOC mengalami kemajuan. Hal tersebut karena VOC mempunyai...
a.
modal besar
d.
banyak kapal dagang
b.
hak asasi
e.
tenaga kerja banyak
c.
hak-hak istemewa



18.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Tanah yang diserahkan kepada pemerintah tindak dikenai pajak 
2.
Mengusahakan tanaman kopi di daerah Priangan
3.
Setiap petani wajib menyerahkan seperlima dari tanaman   
4.
Mewajibkan kepada petani untuk     membayar pajak
5.
Penduduk yang tidak memiliki tanah wajib bekerja di perkebunan pemerintah Belanda selama 66 hari
6.
Jika terdapat kelebihan hasil, maka akan diambil pemerintah Belanda
Pernyataan yang merupakan aturan sistem tanam paksa ditunjukkan pada nomor,kecuali ...
a.
1, 3, dan 4

d.
2, 3, dan 5
b.
1, 4, dan 6

e.
3, 4, dan 5
c.
2, 4, dan 6




19.  Meskipun pemerintahan Hindia-Belanda berhasil memadamkan perang Diponegoro, tetapi Belanda mengalami kerugian besar sebab...
a.
Sistem tanam paksa dihapuskan
d.
Belgia melepaskan diri dari Belanda
b.
VOC dibubarkan
e.
Penghapusan perbudakan di Jawa
c.
Keuangan Belanda terkuras untuk biaya perang



20.  Pelaksanaan dalam tanam paksa mengalami penyimpangan karena...
a.
panen sering kurang memuaskan
b.
masih dijalankannya preanger stelsel
c.
adanya cultuur procenten
d.
mendapat tantangan dari kaum liberal
e.
peraturannya yang sangat memberatkan rakyat

21.  Perlawanan Mataram melawan VOC pada tahun 1641-1645 dipimpin oleh...
a.
Sultan Hasanudin
d.
Amangkurat I
b.
Sultan Baabulah
e.
Sultan Ageng Tirtayasa
c.
Sultan Agung



22.  Menteri Tanah Jajahan Belanda yang berhasil mempercepat perkembangan pengadaan sekolah adalah....
a.
Frans Van de Putte

d.
Dowes Dekker
b.
Frans Van Hoevel

e.
Frans Van den Bosch
c.
Frans Van Deventer




23.  Pemerintah Hindia-Belanda sengaja membedakan sarana pendidikan bagi anak Belanda dan bumiputra karena menjalankan sistem....  
a.
dualisme

d.
gradualisme
b.
kreativitas

e.
modernisasi
c.
fleksibilitas




24.  Pelaksanaan pendidikan oleh Belanda bagi bangsa Indonesia bertujuan untuk....
a.
menyediakan tenaga kerja terdidik rendahan dengan upah yang rendah 
b.
mendidik elit baru untuk menggantikan pegawai kolonial
c.
memajukan kehidupan rakyat indonesia
d.
meningkatkan kecerdasan penduduk Indonesia
e.
mempertahankan kedudukan belanda sebagai penjajah

25.  Lembaga pendidikan yang mencetak tenaga pengajar adalah ...
a.
Kweeksshool 

d.
Tehnisch Onderwijs
b.
Ambatchtsschool

e.
Ambatchts Leergang
c.
Landboure Onderwijs




26.  Sarekat Islam Merah yang berhaluan sosialis kiri dipimpin oleh...  
a.
Semaun

d.
H.Agus Salim
b.
Abdul Muis

e.
Soekirman
c.
H.O.S Tjokroaminoto




27.  Pendiri Muhammadiyah 1921 adalah....    
a.
K.H. Ahmad Dahlan

d.
H.O.S. Cokroaminoto
b.
Dr. Soetomo

e.
Ki Hajar Dewantara
c.
Dr. Tjipto Mangunkusumo




28.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Kemenangan Jepang atau Rusia
4.
Lahirnya golongan terpelajar
2.
Penderitaan adanya pergerakan nasional
5.
Pengaruh ideologi Barat
3.
Pengaruh adanya pergerakan nasional di berbagai negara
6.
Gerakan revolusi Cina dipimpin Dr. Sun Yat Sen
Faktor pendorong pergerakan nasional yang berdasarkan dari luar terdapat pada nomor..
a.
1, 3, dan 4

d.
2, 5, dan 6
b.
1, 2, dan 6

e.
3, 4, dan 5
c.
2, 3, dan 5




29.  Dampak setelah diikrarkan Sumpah Pemuda terhadap organisasi-organisasi pemuda adalah...
a.
timbulnya organisasi pemuda yang modern
b.
semua organisasi pemuda melebur menjadi Indonesia Muda
c.
organisasi pemuda munculsebagai tali peningkat nasionalisme
d.
organisas-organisasi Pemuda dibubarkan oleh pemerintah Belanda
e.
momentum sejarah perjuangan bangsa Indonesia

30.  Kegiatan dan tujuan PNI karena dianggap membahayakan maka para tokoh dan pemimpin PNI ditangkap dan diadili oleh pemerintah kolonial Belanda. Dalam pengadilan Ir. Soekarno mengadakan pembelaan politik yang berjudul Indonesia...
a.
Bersatu
d.
Merdeka
b.
Menggugat
e.
Nasionalis
c.
Raya



31.  Sarekat Dagang Islam di Surakarta beranggota para pedagang batik didirikan oleh...
a.
H. Agus Salim
d.
H.O.S. Tjokroaminoto
b.
H. Samanhudi
e.
Ahmad Dahlan
c.
RM. Tirtoadisurjo



32.  Tujuan organisasi Muhammadiyah adalah...
a.
mencerdaskan umat Islam yang cerdas dan berwawasan kebangsaan
b.
mewujudkan umat Islam yang cerdas dan berwawasan kebangsaan
c.
mewujudkan umat Islam yang madani dan menegakkan ajaran Islam
d.
meningkatkan kecerdasan dan persatuan umat Islam
e.
memberikan pengajaran bagi umat Islam

33.  Tujuan utama pada awal pembentukan organisasi Budi Utomo adalah bidang...  
a.
sosial dan ekonomi
d.
pendidikan daan politik
b.
pendidikan dan budaya
e.
sosial dan budaya
c.
politik dan ekonomi



34.  Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Mas Mansyur
4.
Sutomo
2.
Douwes Dekker
5.
Suwardi Suryaningrat
3.
Tjipto Mangungkusumo
6.
dr. Satiman wirosanjoyo
Yang bukan pendiri Indische Partij terdapat pada nomor..
a.
1, 3, dan 4

d.
2, 4, dan 6
b.
1, 4, dan 6

e.
3, 4, dan 5
c.
2, 3, dan 5




35.  Pelopor organisasi Tri Koro Dharmo adalah..
a.
Sugondo
d.
R.T.Wongsonegoro
b.
dr. Satiman wirosanjoyo
e.
Suwiryo
c.
Soetomo






II.                Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat pada lembar jawaban yang tersedia!

36.  Tindakan seorang remaja yang suka meniru mode atau gaya idolanya disebut…
37.  Orang yang menerima komunikasi disebut dengan…
 38. Konflik pada dasarnya merupakan jenis proses sosial…
39.  Kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur pada masa imperialisme kuno dengan maksud untuk menyebarkan agama Nasrani disebut...
40.  VOC merupakan organisasi dagang swasta milik..
41.  Sistem tanam paksa juga disebut...
42.  Pemerintah kolonial Belanda mendirikan Sekolah Angka Dua bagi penduduk pribumi dengan tujuan untuk didikan menjadi.....
43.  Tokoh perlawanan kekuasaan asing yang dijuluki ”Ayam Jado dari Timur” adalah......
44.  Siasat yang digunakan pasukan Pageran Diponegoro untuk melawan Belanda adalah siasat...
45.  Pada tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional yang bertepatan dengan lahirnya organisasi pertama pergerakan nasional di Indonesia yaitu organisasi....

III.             Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas pada lembar jawaban yang tersedia!

46.  Sebutkan 3 ciri-ciri interkasi sosial?
47.  Sebutkan 3 faktor-faktor pendorong interaksi asosiatif?
48.  Sebutkan 3 faktor-faktor pendorong terjadinya penjelajahan samudra?
49.  Sebutkan 3 aturan sistem tanam paksa?
50.  Sebutkan pendiri Indische Partij yang dijuluki Tiga Serangkai?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar