Mata Pelajaran :
IPS
Hari/ Tanggal :
Kamis/ 9 Desember 2010
Kelas/Semester :
X/1
Waktu :
09.15 – 10.45 (90 menit)
I.
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan
tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e di depan jawaban pada lembar jawaban
yang tersedia!
- Hubungan timbal-balik antara individu dengan individu, atau kelompok dengan kelompok dalam masyarakat disebut….
a.
|
nilai sosial
|
d.
|
penyimpangan sosial
|
|
b.
|
sosialisasi
|
e.
|
interksi sosial
|
|
c.
|
norma sosial
|
a.
|
jumlah pelakunya lebih dari satu orang
|
b.
|
adanya hubungan timbal balik
|
c.
|
dilaksanakan melalui pola sistem
sosial tertentu
|
d.
|
adanya tujuan dari masing-masing
pelaku
|
e.
|
tidak adanya dimensi waktu
(lampau,sekarang dan akan datang) yang menentukan
|
- Fakto-faktor
pendorong interaksi sosial, kecuali....
a.
|
imitasi
|
d.
|
identifikasi
|
|
b.
|
simpati
|
e.
|
akomodasi
|
|
c.
|
Empati
|
- Isi komunikasi (berita) yang disampaikan
disebut…
a.
|
communicare
|
d.
|
media
|
|
b.
|
communicant
|
e.
|
message
|
|
c.
|
feedback
|
- Orang yang menyampaikan komunikasi disebut….
a.
|
komunikan
|
d.
|
konmunikator
|
|
b.
|
message
|
e.
|
komunikator
|
|
c.
|
media
|
- Proses belajar individu untuk mengenal dan
menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi
pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntunan atau perilaku
masyarakatnya disebut….
a.
|
asimilasi
|
d.
|
enkulturasi
|
|
b.
|
akulturasi
|
e.
|
sosialisasi
|
|
c.
|
internalisasi
|
- Unit sosial terkecil yang ada dalam
masyarakat adalah
a.
|
sekolah
|
d.
|
lingkungan kerja
|
|
b.
|
kelompok bermain
|
e.
|
keluarga
|
|
c.
|
organisasi
|
- Sosialisasi yang merupakan tahap lanjut
setelah sosialisasi pertama disebut dengan sosialisasi….
a.
|
umum
|
d.
|
sekunder
|
|
b.
|
massa
|
e.
|
pimer
|
|
c.
|
tersier
|
- Perhatikan pernyataan berikut!
1. Perbedaan pendapat
2. Sikap menghargai orang
asing dan kebudayaan
3.persamaan sistem nilai dan
norma
|
4. Benturan kepentingan yang
sama
5. Adanya persamaan pendapat
6. Perbedaan kepentingan
politik
|
Sebab-sebab munculnya konflik
adalah…
a.
|
1, 2 dan 3
|
d.
|
4,6 dan 1
|
|
b.
|
2, 4 dan 5
|
e.
|
5,4 dan 6
|
|
c.
|
3, 5 dan 6
|
- Pengaruh yang bersifat negatif diberikan
seseorang kepada orang lain sehingga orang tersebut melaksanakannya tanpa
berpikir secara kritis dan rasional disebut….
a.
|
motivasi
|
d.
|
sugesti
|
|
b.
|
simpati
|
e.
|
imitasi
|
|
c.
|
empati
|
- Pihak komunikator menyampaikan pesannya
kepada pihak komunikan melalui perantara pihak ketiga disebut kontak…
a.
|
tersier
|
d.
|
tidak langsung
|
|
b.
|
social
|
e.
|
langsung
|
|
c.
|
primer
|
- Komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu comminicare yang berarti….
a.
|
bertatap muka
|
d.
|
berhubungan
|
|
b.
|
pesan
|
e.
|
berhadapan
|
|
c.
|
interaksi
|
- Suatu tindakan seseorang meniru segala
sesuatu yang ada pada orang lain disebut…
a.
|
empati
|
d.
|
imitasi
|
|
b.
|
identifikasi
|
e.
|
simpati
|
|
c.
|
sugesti
|
- Perhatikan pernyataan berikut!
|
4. Asimilasi
5. Akomodasi
6. Competition
|
Yang termasuk bentuk interaksi
asosiatif adalah kecuali…
a.
|
1, 2, dan 4
|
d.
|
3, 1, dan 6
|
|
b.
|
1, 5, dan 6
|
e.
|
3, 4, dan 5
|
|
c.
|
2, 3, dan 5
|
- Proses sosial yang timbul akibat suatu kebudayaan
menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan tanpa menyebabkan hilangnya
kepribadian kebudayaan sendiri disebut…
a.
|
competition
|
d.
|
accommodation
|
|
b.
|
assimilasi
|
e.
|
cooperation
|
|
c.
|
acculturation
|
16. Latar belakang datangnya pedagang-pedagang Belanda ke
Nusantara adalah...
a.
|
adanya persaingan dagang dengan
negara-negara eropa lainnya
|
b.
|
menyebarkan ilmu pengetahuan
|
c.
|
mencari rempah-rempah
|
d.
|
keinginan untuk menyebarkan agama
nasrani
|
e.
|
terdorong oleh rasa untuk menguasai
|
17. Dalam waktu singkat VOC mengalami kemajuan. Hal tersebut karena VOC mempunyai...
a.
|
modal besar
|
d.
|
banyak kapal dagang
|
b.
|
hak asasi
|
e.
|
tenaga kerja banyak
|
c.
|
hak-hak istemewa
|
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
|
Tanah yang diserahkan kepada
pemerintah tindak dikenai pajak
|
2.
|
Mengusahakan tanaman kopi di
daerah Priangan
|
3.
|
Setiap
petani wajib menyerahkan seperlima dari tanaman
|
4.
|
Mewajibkan
kepada petani untuk membayar pajak
|
5.
|
Penduduk
yang tidak memiliki tanah wajib bekerja di perkebunan pemerintah Belanda
selama 66 hari
|
6.
|
Jika
terdapat kelebihan hasil, maka akan diambil pemerintah Belanda
|
Pernyataan yang merupakan aturan sistem tanam paksa ditunjukkan pada nomor,kecuali
...
a.
|
1, 3, dan 4
|
d.
|
2, 3, dan 5
|
|
b.
|
1, 4, dan 6
|
e.
|
3, 4, dan 5
|
|
c.
|
2, 4, dan 6
|
19. Meskipun pemerintahan Hindia-Belanda berhasil memadamkan
perang Diponegoro, tetapi Belanda mengalami kerugian besar sebab...
a.
|
Sistem tanam paksa dihapuskan
|
d.
|
Belgia melepaskan diri dari Belanda
|
b.
|
VOC dibubarkan
|
e.
|
Penghapusan perbudakan di Jawa
|
c.
|
Keuangan Belanda terkuras untuk biaya
perang
|
20. Pelaksanaan dalam tanam paksa mengalami penyimpangan
karena...
a.
|
panen sering kurang memuaskan
|
b.
|
masih dijalankannya preanger stelsel
|
c.
|
adanya cultuur procenten
|
d.
|
mendapat tantangan dari kaum liberal
|
e.
|
peraturannya yang sangat memberatkan
rakyat
|
21. Perlawanan Mataram melawan VOC pada tahun 1641-1645
dipimpin oleh...
a.
|
Sultan Hasanudin
|
d.
|
Amangkurat I
|
b.
|
Sultan Baabulah
|
e.
|
Sultan Ageng Tirtayasa
|
c.
|
Sultan Agung
|
22. Menteri Tanah Jajahan Belanda yang berhasil mempercepat
perkembangan pengadaan sekolah adalah....
a.
|
Frans Van de Putte
|
d.
|
Dowes Dekker
|
|
b.
|
Frans Van Hoevel
|
e.
|
Frans Van den Bosch
|
|
c.
|
Frans Van Deventer
|
23. Pemerintah Hindia-Belanda sengaja membedakan sarana
pendidikan bagi anak Belanda dan bumiputra karena menjalankan sistem....
a.
|
dualisme
|
d.
|
gradualisme
|
|
b.
|
kreativitas
|
e.
|
modernisasi
|
|
c.
|
fleksibilitas
|
24. Pelaksanaan pendidikan oleh Belanda bagi bangsa Indonesia
bertujuan untuk....
a.
|
menyediakan tenaga kerja terdidik rendahan dengan upah
yang rendah
|
b.
|
mendidik elit baru untuk menggantikan
pegawai kolonial
|
c.
|
memajukan kehidupan rakyat indonesia
|
d.
|
meningkatkan kecerdasan penduduk
Indonesia
|
e.
|
mempertahankan kedudukan belanda
sebagai penjajah
|
25. Lembaga pendidikan yang mencetak tenaga pengajar adalah
...
a.
|
Kweeksshool
|
d.
|
Tehnisch Onderwijs
|
|
b.
|
Ambatchtsschool
|
e.
|
Ambatchts Leergang
|
|
c.
|
Landboure Onderwijs
|
26. Sarekat Islam Merah yang berhaluan sosialis kiri dipimpin
oleh...
a.
|
Semaun
|
d.
|
H.Agus Salim
|
|
b.
|
Abdul Muis
|
e.
|
Soekirman
|
|
c.
|
H.O.S Tjokroaminoto
|
27. Pendiri Muhammadiyah 1921 adalah....
a.
|
K.H. Ahmad Dahlan
|
d.
|
H.O.S. Cokroaminoto
|
|
b.
|
Dr. Soetomo
|
e.
|
Ki Hajar Dewantara
|
|
c.
|
Dr. Tjipto Mangunkusumo
|
28. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
|
Kemenangan Jepang atau Rusia
|
4.
|
Lahirnya golongan terpelajar
|
2.
|
Penderitaan adanya pergerakan
nasional
|
5.
|
Pengaruh ideologi Barat
|
3.
|
Pengaruh adanya pergerakan nasional
di berbagai negara
|
6.
|
Gerakan revolusi Cina dipimpin Dr.
Sun Yat Sen
|
Faktor pendorong pergerakan nasional yang berdasarkan dari luar terdapat
pada nomor..
a.
|
1, 3, dan 4
|
d.
|
2, 5, dan 6
|
|
b.
|
1, 2, dan 6
|
e.
|
3, 4, dan 5
|
|
c.
|
2, 3, dan 5
|
29. Dampak setelah diikrarkan Sumpah Pemuda terhadap
organisasi-organisasi pemuda adalah...
a.
|
timbulnya organisasi pemuda yang
modern
|
b.
|
semua organisasi pemuda melebur
menjadi Indonesia Muda
|
c.
|
organisasi pemuda munculsebagai tali
peningkat nasionalisme
|
d.
|
organisas-organisasi Pemuda
dibubarkan oleh pemerintah Belanda
|
e.
|
momentum sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
30. Kegiatan dan tujuan PNI karena dianggap membahayakan maka
para tokoh dan pemimpin PNI ditangkap dan diadili oleh pemerintah kolonial
Belanda. Dalam pengadilan Ir. Soekarno mengadakan pembelaan politik yang
berjudul Indonesia...
a.
|
Bersatu
|
d.
|
Merdeka
|
b.
|
Menggugat
|
e.
|
Nasionalis
|
c.
|
Raya
|
31. Sarekat Dagang Islam di Surakarta beranggota para
pedagang batik didirikan oleh...
a.
|
H. Agus Salim
|
d.
|
H.O.S. Tjokroaminoto
|
b.
|
H. Samanhudi
|
e.
|
Ahmad Dahlan
|
c.
|
RM. Tirtoadisurjo
|
32. Tujuan organisasi Muhammadiyah adalah...
a.
|
mencerdaskan umat Islam yang cerdas
dan berwawasan kebangsaan
|
b.
|
mewujudkan umat Islam yang cerdas dan
berwawasan kebangsaan
|
c.
|
mewujudkan umat Islam yang madani dan
menegakkan ajaran Islam
|
d.
|
meningkatkan kecerdasan dan persatuan
umat Islam
|
e.
|
memberikan pengajaran bagi umat Islam
|
33. Tujuan utama pada awal pembentukan organisasi Budi Utomo
adalah bidang...
a.
|
sosial dan ekonomi
|
d.
|
pendidikan daan politik
|
b.
|
pendidikan dan budaya
|
e.
|
sosial dan budaya
|
c.
|
politik dan ekonomi
|
34. Perhatikan pernyataan berikut!
1.
|
Mas Mansyur
|
4.
|
Sutomo
|
2.
|
Douwes Dekker
|
5.
|
Suwardi Suryaningrat
|
3.
|
Tjipto Mangungkusumo
|
6.
|
dr. Satiman wirosanjoyo
|
Yang bukan pendiri Indische Partij terdapat pada nomor..
a.
|
1, 3, dan 4
|
d.
|
2, 4, dan 6
|
|
b.
|
1, 4, dan 6
|
e.
|
3, 4, dan 5
|
|
c.
|
2, 3, dan 5
|
35. Pelopor organisasi Tri Koro Dharmo adalah..
a.
|
Sugondo
|
d.
|
R.T.Wongsonegoro
|
b.
|
dr. Satiman wirosanjoyo
|
e.
|
Suwiryo
|
c.
|
Soetomo
|
||
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat
pada lembar jawaban yang tersedia!
36. Tindakan seorang remaja yang
suka meniru mode atau gaya idolanya disebut…
37. Orang yang menerima komunikasi
disebut dengan…
38. Konflik pada dasarnya merupakan jenis proses sosial…
38. Konflik pada dasarnya merupakan jenis proses sosial…
39.
Kedatangan bangsa
Eropa ke dunia Timur pada masa imperialisme kuno dengan maksud untuk menyebarkan
agama Nasrani disebut...
40. VOC merupakan organisasi dagang swasta milik..
41. Sistem tanam paksa juga disebut...
42. Pemerintah kolonial Belanda mendirikan Sekolah Angka Dua
bagi penduduk pribumi dengan tujuan untuk didikan menjadi.....
43. Tokoh perlawanan kekuasaan asing yang dijuluki ”Ayam Jado
dari Timur” adalah......
44. Siasat yang digunakan pasukan Pageran Diponegoro untuk
melawan Belanda adalah siasat...
45. Pada tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan
Nasional yang bertepatan dengan lahirnya organisasi pertama pergerakan nasional
di Indonesia yaitu organisasi....
III.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat
dan jelas pada lembar jawaban yang tersedia!
46. Sebutkan 3 ciri-ciri interkasi
sosial?
47. Sebutkan 3 faktor-faktor
pendorong interaksi asosiatif?
48. Sebutkan 3 faktor-faktor pendorong terjadinya
penjelajahan samudra?
49. Sebutkan 3 aturan sistem tanam
paksa?
50. Sebutkan pendiri Indische Partij yang dijuluki Tiga
Serangkai?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar